Choose another site

Unblocked ebansena123




This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Sunday, May 6, 2018

Tugas 7 E-Commerce Prodi Manajemen Universitas Dhyana Pura

perkembangan e-retail di indonesia

Hasil gambar untuk perkembangan e-retail di indonesia


Bisnis Retail secara umum adalah kegiatan usaha menjual aneka barang atau jasa untuk konsumsi langsung atau tidak langsung. Dalam matarantai perdagangan bisnis retail merupakan bagian terakhir dari proses distribusi suatu barang atau jasa dan bersentuhan langsung dengan konsumen. Secara umum peritel tidak membuat barang dan tidak menjual ke pengecer lain.
Akan tetapi dalam praktik bisnis retail modern saat ini tidak tertutup kemungkinan, banyak pengecer kecil membeli barang di gerai peritel besar, mengingat perbedaan harga yang muncul pada waktu-waktu promosi tertentu yang dilakukan oleh peritel besar.Bisnis Retail di Indonesia secara umum dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu, ritel modern dan retail tradisional. Retail modern sebenarnya merupakan pengembangan dari retail tradisional, yang pada praktiknya mengaplikasikan konsep yang modern, pemanfaatan teknologi, dan mengakomodasi perkembangan gaya hidup di masyarakat (konsumen).
Jika kita menilik sejarah retail modern di indonesia sebenarnya sudah di mulai dari tahun 1960-an. Pada saat itu sudah muncul department Store yang pertama yaitu SARINAH. Dalam kurun waktu lebih dari 15 tahun kemudian, bisnis retail di Indonesia bisa dikatakan berkembang dalam level yang sangat rendah sekali. Hal ini bisa dikaitkan dengan kebijakan ekonomi Soeharto di awal masa pemerintahan orde baru, yang lebih banyak membangun investasi di bidang eksploitasi hasil alam (tambang & kayu), dibandingkan sektor usaha retail barang dan jasa di masyarakat.
Awal tahun 1990-an merupakan titik awal perkembangan bisnis retail di indonesia. Ditandai dengan mulai beroperasinya salah satu perusahaan retail besar dari Jepang yaitu “SOGO”. Selanjutnya dengan dikeluarkannya Keputusan Presiden No. 99/1998, yang menghapuskan larangan investor dari luar untuk masuk ke dalam bisnis retail di indonesia, perkembangannya menjadi semakin pesat.
Saat ini, muncul begitu banyak format modern retail/market diantaranya adalah sbb:
  1. Supermarket
  2. Minimarket
  3. Hypermarket
  4. Specialty store/convinience store
  5. Department Store
Modern market digambarkan secara sederhana sebagai suatu tempat menjual barang-barang makanan atau non makanan, barang jadi atau bahan olahan, kebutuhan harian atau lainnya yang menggunakan format self service dan menjalankan sistem swalayan yaitu konsumen membayar di kasir yang telah disediakan. Sehingga saat ini banyak orang cukup familiar dengan istilah “Pasar Swalayan”
Berdasarkan definisi yang tertuang dalam Keputusan Presiden RI No. 112/Th. 2007, dikatakan bahwa Format Pasar Swalayan dikategorikan sbb:
  1. Minimarket :
– Produk dijual : kebutuhan rumahtangga, makanan dan termasuk kebutuhan harian.
– Jumlah produk : < 5000 item
– Luas gerai : maks. 400m2
– Area Parkir : terbatas
– Potensi penjualan : maks. 200 juta
  1. Supermarket:
– Produk dijual : kebutuhan rumahtangga, makanan dan termasuk kebutuhan harian.
– Jumlah produk : 5000-25000 item
– Luas gerai : 400-5000m2
– Area Parkir : sedang (memadai)
– Potensi penjualan : 200 juta- 10 milliar
3.Hypermarket:
– Produk dijual : kebutuhan rumahtangga, makanan dan termasuk kebutuhan harian, textile, fashion, furniture, dll.
– Jumlah produk : >25000 item
– Luas gerai : > 5000 m2
– Area Parkir : sangat besar
– Potensi penjualan : > 10 milliar
Dalam 6 tahun terakhir, perkembangan ketiga format modern market di atas sangatlah tinggi. konsepnya yang modern, adanya sentuhan teknologi dan mampu memenuhi perkembangan gaya hidup konsumen telah memberikan nilai lebih dibandingkan dengan market tradisional.
Selain itu atmosfer belanja yang lebih bersih dan nyaman, semakin menarik konsumen dan dapat menciptakan budaya baru dalam berbelanja.
Menurut data yang dikeluarkan oleh Media Data-APRINDO dalam rentang waktu 2004 s.d 2008 format minimarket memiliki rata-rata pertumbuhan turnover paling tinggi yaitu sebesar 38% per tahun, disusul kemudian oleh Hypermarket sebesar 21,5% dan supermarket yang hanya 6% per tahun. Tingginya pertumbuhan di format minimarket, ditandai dengan semakin ketatnya persaingan dalam ekspansi atau penambahan jumlah gerai dari dua pemain besar di dalamnya yaitu Indomart dan Alfamart.
Sedangkan dalam nilai turnover yang dapat dihasilkan, format hypermarket merupakan yang terbesar, seperti yang dicapai pada tahun 2008 yaitu sebesar: 41%. Sementara itu minimarket dengan 32%, dan terakhir supermarket dengan 26%. Dominasi market share oleh Hypermarket ini dimulai dari tahun 2005, yang mana sebelumnya dikuasai oleh Supermarket. Penurunan di Supermarket dinilai sebagai akibat dari semakin banyaknya penambahan gerai minimarket yang dapat memotong akses konsumen ke supermarket. Ditambah pula oleh semakin agresifnya Hypermarket dalam berbagai promosi yang kuat dan menarik. Serta kelengkapan produknya telah memberikan tempat tersendiri dimata konsumen.

Saturday, April 14, 2018

Tugas6 - E-commerce - Manajemen - Universitas Dhyana Pura

Perbedaan Search Engine dan Website


Hasil gambar untuk search

1. Search Engine

Pengertian Search Engine
   
      Search Engine dalam bahasa indonesia lebih dikenal dengan nama mesin pencari web. Pengertian Search Engine adalah suatu program komputer yang dibangun dengan rancangan khusus untuk melakukan pencarian pada berkas-berkas yang tersimpan pada layanan www, ftp, milis, dan group.
Pada buku Sistem Informasi Manajemen dikatakan bahwa pengertian search engine adalah suaatu program komputer khusus yang menanyakan satu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari. Program ini kemudian mencari isi situs-situs web di internet untuk melihat apakah kata atau kata-kata tersebut terdapat di situs-situs web tersebut.

Pada buku pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi mengatakan bahwa pengertian search engine tersebut adalah salah satu fasilitas di internet yang dapat dinikmati untuk mempercepat proses pencarian informasi yang dibutuhkan di internet. Fasilitas ini memungkinkan penikmat internet untuk mendapatkan segala macam informasi cukup dengan mengetikkan kata kunci dari informasi yang ingin didapatkan.

Di atas merupakan pengertian search engine menurut beberapa sumber, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa search engine merupakan suatu program yang mempunyai kemampuan khusus dalam melakukan pencarian data dan informasi baik berupa text, dokumen, gambar, bahkan video dengan cepat dan tepat yang bersumber dari beberapa komputer server yang terhubung ke jaringan internet dalam bentuk halaman website. Informasi yang ditampilkan oleh search engine akan sesuai dengan kata kunci yang kita ketikkan pada kolom pencarian pada search engine tersebut. Informasi yang ditampilkan oleh search engine bisa lebih dari satu, informasi yang ditampilkan tersebut bersumber dari ribuan bahkan jutaan website, proses pengumpulannya hanya butuh waktu hitungan detik.

Daftar Contoh Search Engine Terpopuler
  1. Google (google.com)
  2. Bing (bing.com)
  3. Yahoo (yahoo.com)
  4. MSN (msn.com)
  5. Live (live.com)

2. Website

          Website adalah sering juga disebut Web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink. Atau definisi website adalah kumpulan dari berbagai macam halaman situs, yang terangkum didalam sebuah domain atau juga subdomain, yang lebih tempatnya berada di dalam WWW (World Wide Web) yang tentunya terdapat di dalam Internet.

          Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP, HTTP adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.
      
 Website dapat dimiliki oleh individu, organisasi, atau perusahaan. Pada umumnya sebuah website akan menampilkan informasi atau satu topik tertentu, meskipun saat ini banyak website yang menampilkan berbagai informasi dengan topik yang berbeda.
Jenis-jenis Website yaitu : website statis, website dinamis, website interaktif.


 Contoh Domain Website
Domain website, contohnya bisa di baca di bawah ini:
  • .co.id : Biasanya digunakan untuk badan usaha yang memiliki badan hukum sah.
  • .go.id : Khusus digunakan untuk Lembaga Pemerintahan  RI.
  • .ac.id : Dipakai untuk Lembaga Pendidikan.

Sunday, April 8, 2018

Tugas 5 E-Commerce Prodi Manajemen Universitas Dhyana Pura



5 Perusahaan yang menerapkan E-commerce serta masing-masing kekuatan-kelemahan dan peluang-ancaman yang dihadapi oleh perusahaan tersebut dalam penerapan E-commerce

1     PT.Telkom Indonesia
Penyedia layanan e-Commerce di Indonesia baru mencapai 3% meski pengguna Internet diperkirakan telah mencapai sebanyak 31 juta orang dan 159 juta orang lainnya Internet berbasis nirkabel. Dengan masih sedikitnya pemain di e-Commerce maka portal e-Commerce Plasa.Com yang dikelola anak usaha Telkom PT Metranet diharapkan dapat turut menggairahkan e-commerce di Tanah Air.
Portal e-commerce Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT Metranet fokus pada penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication.
             Kelemahan yang dihadapi oleh perusahaan dalam menerapkan e-commerce adalah :
  • Kita tahu pada dasarnya electronic commerce (e-commerce) adalah sarana pemasaran yang menggunakan media elektronik (internet), jadi hal yang sangat kita butuhkan adalah layanan dan akses internet. Keterbatasan akses internet akan menghambat perkembangan e-commerce, hal yang dulu mengakibatkan terabainya e-commerce, namun sekarang kita dapat merasakan efek perkembangan internet di Indonesia, akses internet semakin murah dan cepat, ini terjadi karena persaingan antar provider, dan justru hal inilah yang akan meningkatkan jumlah pengguna internet.
Kekuatan yang dihadapi perusahaan adalah :
  • Portal e-commerce Plasa.com yang dikelola oleh anak perusahaan Telkom PT Metranet fokus pada penyelenggaraan tiga layanan, yaitu e-Commerce, Content dan Communication. Portel itu diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pasar, mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah) dalam negeri serta meningkatkan enterpreneurship melalui penyediaan platform online shopping.
    Dalam menyediakan layanan konten, Plasa.com mengembangkan platform sebagai penghimpun konten (content agregator) serta memungkinkan pelanggan menikmati beragam konten, termasuk konten hiburan.
Peluang yang dihadapi perusahaan adalah :
  • Electronic commerce memungkinkan orang di negara-negara Dunia ketiga dan wilayah pedesan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa EC. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
  • Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
Ancaman yang dihadapi perusahaan adalah :
  • permasalahan dan penghambat perkembangan e-commerce di Indonesia adalah kebiasaan, masyarakat kita belum terbiasa untuk melakukan transaksi di dunia maya. Masalah selanjutnya adalah dari sekian banyak pengguna internet di Indonesia kemungkinan masih banyak yang belum pernah bertransaksi melalui internet karena belum percaya akan keamanan transaksi. Apalagi dengan sering terjadinya penipuan di dunia nyata. Selanjutnya masalah dari belum jelasnya hukum di dunia digital, seperti bagaimana itu uang digital, tanda tangan digital dan bagaimana hukum yang berlaku jika terjadi kejahatan.

2    Salah satu contoh dari perusahaan yang menggunakan E-commerce adalah Lazada Indonesia. Lazada Indonesia (www.lazada.co.id) lebih berfokus kepada tipe e-commerce B2C atau Business to Customer karena tujuan utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang melakukan transaksi di situs mereka.
             Kelebihan yang dihadapi perusahaan dalam penerapan e-commerce :
  • Pilihan Produk Berkualitas yang beragam.
Di Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk utama mulai dari peralatan rumah tangga, Elektronik rumah tangga, Handphone & Aksesoris, Kamera, Komputer, TV, Video & Audio, Mainan & Bayi, Kesehatan & Kecantikan, Tas & Koper, Olahraga & Otomotif, Musik & Instrumen, dan Buku.
  • Penawaran Khusus atau Promo Produk.
Berbagai penawaran istimewa dilakukan baik yang tidak bertema maupun yang disesuaikan degan tema. Ini tentu saja menjadi kelebihan dari belanja online karena eksekusi promo secara bersamaan antar tema dalam e_commerce lebih mudah dilakukan disbanding di dalam toko fisik.
Kelemahan yang dihadapi perusahaan :
  • Barang tidak bisa dipegang secara langsung, kadang barang tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan / beda dengan yang ditampilkan.
Peluang yang dihadapi perusahaan :
  • Dapat menghasilkan produk baru yang banyak diminati customer / permintaan dari customer, jika produk sesuai, bagus dan memuaskan konsumen otomatis akan laris terjual.
Ancaman yang dihadapi perusahaan :
  • Dikhawatirkan adanya pembuatan website palsu, persaingan harga, kualitas, persaingan secara global, tidak adanya jaminan bahwa transaksi e-commerce terbebas dari upaya perusakan/pemanipulasian data dan tentu akan berdampak pada berkembangnya aktivitas ekonomi.


3    PT Keramika Indonesia Assosiasi (KIA)
PT Keramika Indonesia Assosiasi (KIA) didirikan pada 1953. Pada awalnya, pabrik hanya memproduksi beberapa jenis peralatan makan dengan kapasitas yang sangat kecil di Tanjung Pandang, Belitung. Namun, mulai tahun 1968, KIA adalah produsen utama berkualitas tinggi ubin keramik dinding (termasuk aksesorisnya), saat ini dengan 725 kinerja tinggi dan staf terlatih, dengan merek KIA, Impresso dan SPECTRA, yang dapat membawa pengakuan pasar kualitas produk baik dari dalam negeri dan luar negeri meliputi Asia, Eropa dan Amerika Serikat. Saat ini, pabrik KIA yang terletak di Jawa Barat dan Jawa Timur. Untuk dinding dan lantai ubin, diproduksi di Cileungsi, Bogor dan Karawang, Jawa Barat; sementara genteng diproduksi di Cileungsi, Bogor dan Gresik, Jawa Timur.
            Kelebihan yang dihadapi perusahaan :
  • Pelangggan dapat mengunjungi www.kiaceramics.com untuk memesan barang yang diinginkan. Dalam web ini tersedia fasilitas search apabila pelanggan mengalami kesulitan dalam mencari barang yang diinginkan. Selain itu pelanggan dapat langsung memesan produk yang diinginkan secara online.
Kekuatan yang dihadapi perusahaan :
  • KIA adalah produsen utama berkualitas tinggi ubin keramik dinding (termasuk aksesorisnya), saat ini dengan 725 kinerja tinggi dan staf terlatih, dengan merek KIA, Impresso dan SPECTRA, yang dapat membawa pengakuan pasar kualitas produk baik dari dalam negeri dan luar negeri meliputi Asia, Eropa dan Amerika Serikat.
  • KIA memiliki komitmen penuh dalam menyediakan tidak hanya kualitas produk, tetapi peduli untuk pelanggan dan lingkungan juga.

4    PT Gapura Jaya Graphindo
PT Gapura Jaya Graphindo merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan mesin dan alat-alat percetakan, seperti: mesin laminating, mesin blueprint, mesin pemotong, glossy paper, kertas film, toner dan lain-lain.
            Kelemahan yang dihadapi perusahaan :
  • Cara pemasaran saat ini masih melalui mulut ke mulut atau dengan menyebar katalog. Belum pernah terdapat suatu web yang menampilkan infomasi dari produk-produk tersebut.
  • Penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi di bidang penjualan mesin ini masih belum optimal, terbukti dengan masih banyaknya klien yang harus datang langsung ke kantor untuk melakukan pemesanan.
  • Info mengenai produk juga tidak update, sehingga klien masih sulit untuk mengetahui mengenai produk baru atau produk yang mereka inginkan.
Kekuatan yang dihadapi perusahaan :
  • Setelah dibuatnya sebuah aplikasi e-commerce untuk memudahkan klien dalam bertransaksi karena klien dapat dengan mudah melakukan transaksi pembelian hanya dengan menggunakan internet, selain itu PT Gapura Jaya Graphindo juga dapat meminimalkan biaya operasional dan dapat memaksimalkan publikasi mengenai produk-produk mereka. Terdapat beberapa manfaat dalam pembuatan website e-commerce ini, antara lain dapat menyediakan informasi mengenai katalog produk dan menangani transaksi pembelian secara online serta membuat laporan penjualan bulanan.


5    Toko Bagus
Situs yang sedang gencar-gencarnya menayangkan iklannya di hampir semua stasiun televisi swasta ini semakin menambah lebar skala penggunanya. Meskipun sebetulnya sangat banyak toko-toko online yang serupa dengan toko bagus tapi tidak di
pungkiri juga sudah banyak sekali para pelaku pasar yang mencoba menjajakan barang dagangannya via online dengan memasang iklan di www.tokobagus.com.
             Peluang yang dimiliki oleh perusahaan adalah :
  • Buat para pemasang iklan yang memasarkan barang dagangannya di toko bagus tidak akan dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Hal inilah yang dijadikan sebuah peluang oleh para calon pengguna yang kebetulan ingin mempromosikan barang bekas yang masih layak pakai di situs jual beli aman dan cepat ini.
Ancaman yang dihadapi oleh perusahaan adalah :
  • Dari peluang diatas, dapat juga dikatakan sebagai ancaman bagi Toko Bagus itu sendiri, karena begitu mudah, aman dan cepat untuk membuat bisnis online, jadi banyak calon pengguna yang ingin memasarkan barang dagangannya dengan syarat yang lebih mudah dari pada Toko Bagus.

Tugas 4 E-commerce Universitas Dhyana Pura

Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Sudah mencapai 88,1 Juta

Hal menarik pertama yang kita temukan adalah sebuah fakta bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angkat 88,1 Juta. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang ada 252,4 Juta, maka dapat dikatakan bahwa penetrasi pengguna internet di negara ini mencapai 34,9%. Angka tersebut meningkat cukup banyak bila dibandingkan dengan tahun 2013 dimana penetrasi internet baru mencapai 28,6%.
pengguna internet di Indonesia

Sebagian Besar Mengakses Internet dengan Telpon Selular

Ini merupakan penemuan menarik lainnya yang disampaikan dalam hasil survey tersebut. Ternyata, 85% dari jumlah pengguna internet di Indonesia menggunakan perangkat seluler saat berselancar di dunia maya. Perangkat kedua yang paling sering digunakan adalah Laptop, disusul PC/Komputer, dan terakhir Tablet. Kebanyakan orang mengakses internet dari rumah dan rata-rata waktu penggunaan 1 hingga 3 jam per harinya.
perangkat yang digunakan oleh pengguna internet di Indonesia

Jejaring Sosial Menjadi Alasan Utama Menggunakan Internet

Yang dilakukan kebanyakan orang saat terkoneksi ke internet adalah untuk menggunakan jejaring sosial. Tidak kurang dari 87% pengguna internet di Indonesia mengaku menggunakan socila media saat terhubung ke internet. Alasan kedua orang menggunakan internet adalah mencari informasi atau searching dan browsing yaitu sebanyak 68,7%. Yang menarik lainnya adalah ternyata 11% pengguna internet yang ada di Indonesia sudah melakukan jual beli online. Tak heran jika banyak pengamat yang mengatakan bahwa ecommerce sedang tumbuh dengan baik di Indonesia.

Mayoritas Pengguna Internet adalah Kaum Wanita

Lebih dari setengah pengguna internet di Indonesia berjenis kelamin perempuan. Secara keseluruhan jumlahnya mencapai 51% atau lebih dari setengah jumlah yang ada. Bahkan di DKI Jakarta 73% pengguna internet didominasi oleh kaum wanita. Dari sisi bisnis temuan ini sangat menarik. Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual produk-produk untuk wanita apabila ingin memulai bisnis online. Jika dilihat dari sisi usia, pengguna internet terbanyak berusia antara 18 hingga 25 tahun. Hasil survey ini mengatakan ada 49% atau hampir setengahnya. Sedangkan jika dilihat dari jenjang pendidikan, maka pendidikan SMA sederajat meraih angka tertinggi dengan 64,7%.

Sunday, March 25, 2018

Tugas 3 E-commerce Universitas Dhyana Pura

Pengertian Database,Informasi dan Sistem Informasi Manajemen(SIM)
1. Basis data (database) adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit.
Proses memasukkan dan mengambil data ke dan dari media penyimpanan data memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem manajemen basis data (database management system | DBMS). DBMS merupakan sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengguna basis data (database user) untuk memelihara, mengontrol dan mengakses data secara praktis dan efisien. Dengan kata lain, semua akses ke basis data akan ditangani oleh DBMS. DBMS ini menjadi lapisan yang menghubungkan basis data dengan program aplikasi untuk memastikan bahwa basis data tetap terorganisasi secara konsisten dan dapat diakses dengan mudah.

2. Sistem Informasi (SI)adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen.Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.
Ada yang membuat perbedaan yang jelas antara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, dan proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.

3. Sistem informasi manajemen atau SIM (bahasa Inggrismanagement information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusiadokumenteknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusansistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

Tugas 2 E-commerce Universitas Dhyana Pura



Pengertian Hardware, Software dan 
Brainware beserta dengan contohnya

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai komputer beserta komponen-komponen yang ada di dalamnya, ada kalanya untuk mempelajari terlebih dahulu dasar-dasarnya.
1. Yakni Hardware (Perangkat Keras), 2. Software (Perangkat Lunak) dan 3. Brainware (Pengguna).

Hardware (Perangkat Keras) : Suatu komponen yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Sementara itu, contoh dari hardware itu sendiri yakni :
  1. Perangkat Input (Masukan) : Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) dari pengguna yang akan diproses oleh komputer. Contohnya seperti : Mouse, keyboard, joystick, touchpad, light pen, barcode, scanner, microphone, dan lain-lain.
  2. Perangkat Proses : Perangkat keras yang berguna untuk memproses masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Contohnya Processor.
  3. Perangkat Output (Keluaran) : Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna. Contohnya seperti : Speaker, monitor, printer, proyektor, plotter dan sebagainya.

Software (Perangkat Lunak) : Kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Software ini tidak bisa dipegang. Contoh dari software yakni :
  1. Sistem Operasi : Software yang memang ada untuk jalur penghubung antara pengguna dengan hardware. Contohnya seperti : Windows, Linux dan Mac OS.
  2. Software Aplikasi : Software yang berguna untuk diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan pengguna. Contohnya seperti : Microsoft Office, Libre Office dan sebagainya.

Brainware (Pengguna) : Manusia yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Tanpa adanya brainware, komputer tidak bisa dijalankan. Maka, peran brainware di sini sangatlah penting sehingga komputer bisa digunakan dan dioperasikan dengan baik oleh penggunanya.

Tugas 1 E-commerce Universitas Dhyana Pura

MAU JADI WIRAUSAHAWAN MUDA SIMAK DULU VIDEO INI

Ulasan Video Inspiratif Pipa VS Ember



Embro :
Mendapatkan Penghasilannya dengan cara menggunakan ember. Ia harus pulang pergi mengisi embernya dari mata air di pegunungan dan membawanya ketampat penampungan di Desa untuk di tukarnya dengan Uang.
Untuk meningkatkan Penghasilan yang dilakukan oleh Embro adalah memperbesar ukuran ember dan lebih rajin pergi ke mata air



Dalam kehidupan yang nyata sangatlah normal kalau kita ingin meningkatkan Penghasilan kita harus bekerja lebih keras, misalnya dengan bekerja lembur atau mungkin mendapatkan kerja tambahan.
Kita juga dapat memperbesar ember kita yaitu dengan menerima posisi Pekerjaan yang lebih tinggi.
Sebagian besar dari kita menukarkan waktu kita untuk mendapatkan Uang.



Seperti juga Embro. Kitapun memiliki waktu yang terbatas untuk di barterkan menjadi uang dan kita tahu setiap Orang hanya memilliki Waktu 24Jam/Hari dan tidaklah mungkin kalau kita membarterkan seluruh waktu kita untuk bekerja, dan lebih sulit lagi yaitu jika kita tak mampu lagi membarterkan waktu kita karena alasan Usia, Kesehatan ataupun alasan lainnya. Sehingga Penghasilan kita terhenti sama sekali.




Lainhalnya apa yang dilakukan oleh,

Pipo:
Secara bijaksana Pipo tidak membarterkan seluruh waktunya hanya untuk menghasilkan Penghasilan yang terbatas. Tetapi ia menggunakan sebagian waktu yang dimilikinya untuk membangun saluran pipa, karena Pipo tahu saluran pipa itu akan mendatangkan Penghasilan yang berkesinambungan tanpa dia harus membarterkan seluruh waktunya. Dia tahu bahwa suatu hari nanti mungkin karena alasan Usia tau Kesehatan dia tidaK akan lagi membarterkan waktunya dengan Uang.
Sedangkan bila ia mampu menyelesaikan gagasan saluran pipanya itu, dia hanya perlu bekerja keras sekali saja untuk membangun saluran pipa. Setelah saluran pipa selesai maka Penghasilan akan terus mengalir bagi Pipo.
Pipo telah menunjukkan kepada kita bahwa untuk mendapatkan Penghasilan kita tidak selalu harus membarterkan waktu kita dengan Uang, ada cara lain yang lebih baik.
Bagaimana dengan Kita ??
Apakah Kita seperti Embro, yang membarterkan waktu untuk mendapatkan Penghasilan ??
Atau Kita ingin mengikuti jejak Pipo, mempunyai Penghasilan yang berkesinambungan dan tidak membarterkan seluruh waktu Kita untuk menghasilkan Uang??