Choose another site

Minggu, 26 April 2015

Jika Aku di Beri Uang 10 Juta Untuk Traveling

Halo Sobat Traveler, Ini adalah tulisan pertama di Blog saya,
Kali ini saya akan menulis tema tentang “ Jika Aku di Beri Uang 10 Juta Untuk Traveling”
# TiketGratisTraveloka

Banyak orang yang mencari tiket murah hanya pada satu maskapai saja, tetapi jika kita teliti hampir semua maskapai penerbangan memberikan promo tiket murah, bahkan Maskapai Garuda Indonesia pun sering memberikan tiket lebih murah dari maskapai lainya asalkan kita harus pintar-pintar memilih rutenya.Berikut ini saya akan memberikan sedikit contoh penerbangan dengan tiket murah maskapai Garuda Indonesia berawal dari Bandung ke Surabaya lanjut Makasar lanjut ke Sorong lalu ke Jakarta Pulang Pergi menggunakan Maskapai Garuda Indonesia plus bagasi 20 Kg dan1 kali makan di dalam pesawat,dengan Budget 10 juta rupiah bahkan ada sisa budget ny.Kenapa saya memilih rute –rute tersebut, karena di rute rute ini banyak spot yang sangat bagusdan indah yang patut untuk di kunjungi, terutama di Raja Ampat yang terkenal di dunia dengan keindahan pantainya,bahkan banyak agen travel mematok harga yang mahal di atas Rp. 10.000.000 untuk perjalanan dari Jakarta ke Raja Ampat.Berikut Itinerary perjalanan saya:

Haripertama
Hari ini adalah keberangkatan saya Solo Traveling dari Bandung ke Surabaya menggunakan Maskapai Garuda Indonesia tanggal18 Mei jam 13.35 dengan Harga Rp.711.895 yang saya pesan dari Traveloka App.
Sesampainya di Surabaya pada jam 14.55 saya langsung menujuke Hotel Sinar 2 juanda yang berjarak 2.91 Km dengan harga Rp.336.335

menggunakan ojek yang saya pesan melalui sebuah forum online terbesar di Indonesia dan banyak teman teman saya mereferensikan salah satu ojek online untuk saya yang aman dan harganya jelas di tampilkan di thread dan blognya.Saya memakai jasa ojek karena lebih murah untuk di booking seharian sampai besok shubuh untuk mengantar saya ke Bandara.Setelah sampai di bandara saya langsung ketemu dengan tukang ojek yang saya pesan online tersebut. Kami langsung menuju hotel untuk menyimpan barang Setelah menyimpan barang saya langsung Explore Kota Surabaya tujuan pertama saya adalah menuju Gedung Grahadi Surabaya dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam menggunakan motor dari hotel, Tidak seberapa jauh saya menuju Masjid Cheng Ho yang hanya berjarak 1.6 Km dari Gedung Grahadi, lalu saya ke world trade center yang berjarak 3.1 Km dari Masjid Cheng Ho,

Setelah puas berkeliling dan menyantap kuliner khas Kota Surabaya Lontong Balap,Semanggi Surabaya,Tahu Campur, dan Sate Klopo saya pulang ke hotel untuk istirahat dan menyiapkan perjalanan untuk besok.

Harikedua
Tanggal 19 Mei jam 04.00 pagi saya check out dari hotel menuju Bandara Juanda masih menggunakan ojek yang saya pesan kemaren, Tujuan saya hari ini adalah Kota Makasar masih menggunakan Maskapai Garuda Indonesia pada jam 05.35 dari Surabaya dan sampai jam 08.05 di Makasar dengan harga tiket pesawat Rp.703.055 yang saya pesan menggunakan Traveloka App lagi karena harga tiket Pesawat dan Hotel di Traveloka App lebih murah di bandingkan dengan harga di situs-situs lain.

Setelah Saya sampai di Bandara Hasanuddin tujuan saya langsung ke Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung dengan menggunakan 2 kali naik angkutan umum dari makasar menuju Terminal Maros lalu dari Terminal Maroske Taman Nasional Bantimurung,

Taman  Nasional  Bantimurung-Bulusaraung dijuluki The  Kingdom  of  Buttery oleh seorang ahli antropologi dan biologi dari Britania Raya, Alfred Russel Wallace.  Di  taman nasional ini ada sekitar  20  jenis kupu-kupu  yang  ditangkarkan, bahkan diantaranya ada beberapa spesies unik yang hanya ada di Sulawesi  Selatan,  antara  lain  Troides  Helena  Linne,  Troides Hypolitus Cramer, Troides Haliphron Boisduval, Papilo Adamantius, dan Cethosia Myrana. Selain kupu-kupu,  sebenarnya ada beberapa  spot  wisata  lain  yang  ada  di Kawasan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, diantaranya Leang Londrong,  Leang Pute,  Karaenta,  Pattunuang,  dan  Taman  Leang-Leang.  Bahkan Anda bisa melihat satwa endemik Sulawesi Selatan, yaitu Kera Hitam (Macacamaura)  di  Karaenta danKus-Kus  (Tarciusfuscus)  di  Pattunuang (sumber). Setelah saya puas berkeliling saya langsung menuju Hotel Arbor Biz Hotel denganHarga Rp.582.039 untuk 2 malam sampai tanggal 21 Mei dan berjarak 6.53 Km dari Bandara Hasanuddin Makasar.

Hari ketiga
Hari ini jam 10 pagi siap-siap explore makanan khas Makasar yaitu Coto Makasar, es pisang ijo, pallu basa, Sop Saudara, Pisangepe, Es Palu butung dan Jalangkote, lalu menuju Pantai Losari dengan kendaraan umum setelah puas berkeliling di Pantai Losari, Lalu saya menuju kebenteng Rotterdam yang berjarak tidak jauh dari pantai losari,

Lalu kembali ke Pantai Losari lagi untuk menikmati Sunset di Sulawesi Selatan. Setelahke 2 spot saya pulang ke hotel untuk istirahat.
Hari keempat
Hari ini tanggal 21 mei pagi jam 7 saya sudah di Bandara Hasanuddin untuk take off ketujuan terakhir saya yaitu Kota Sorong Provinsi Papua Barat dan masih tetap Menggunakan Maskapai Garuda Indonesia untuk keberangkatan jam jam 9.10 dengan harga tiket Rp. 1.356.268

sesampainya saya di sorong jam 12.25, Saya langsung keluar Bandara Domine untuk naik angkutan umum menuju Pelabuhan Rakyat, sesampainya di pelabuhan rakyat saya membeli tiket kapal untuk menyebrang ke PelabuhanWaisai. Setelah Sampai ke waisai saya membeli Pin dulu untuk masuk ke wilayah pulau pulau kecil di Raja Ampat seperti Wayag dan beberapa pulau kecil lainya, setelah membeli Pin saya langsung menuju Hotel Raja Ampat yang sudah saya pesan saat masih di Bandung untuk 1 malam sampai tanggal 22 Mei SehargaRp.528.818.

Setelah sampai di hotel saya berkeliling sebentar lalu tidur karena besok saya harus bangun pagi untuk explore Pantai Raja Ampat yang Eksotis.
Hari kelima
Shubuh jam 4 tanggal 22 Mei Saya sudah siap-siap ke Pasar Waisai untuk melihat jejeran Long Boat, dan saya harus mencari group yang mau menampung saya (berasa seperti pengungsian) untuk masuk ke group mereka. Karena untuk menyewa Long Boat ini sangat Mahal kisaran 5 sampai 7 Juta Rupiah, 1 Long Boat biasanya berisi 14 orang sampai 20 orang tergantung Long Boat nya, Maka dari itu jika ada 1 group yang berisi 14 orang harganya tidak terlalu mahal, tetapi jika tidak ada group yang mau menampung saya,saya mesti ikhlas untuk kehilangan uang Rp.200.000 untuk membeli Pin tersebut. Saya cukup Explore Pantai Raja Ampatnya saja juga sudah cukup.

Setelah explore Raja Ampat Jam 2 siang saya sudah harus meniggalkan Kota Waisai menuju Sorong lagi karena Kapal penyebrangan hanya ada 1 kali perjalanan yaitu jam 2 siang saja sedangkan besok saya mesti ada di Bandara Domine sebelum jam 2 siang. Setelah sampai di Pelabuhan Rakyat Sorong saya menuju The waigo Hotel dengan harga permalamnya  Rp.428.001 untuk istirahat
Hari ke enam
Tanggal 23 mei Jam 10 saya check out hotel dan explore kotaSorong serta membeli makanan khas kota Sorong yang mayoritas adalah sea food dan tidak lupa membeli Roti Gulung Abon serta mencari oleh-oleh jika ada barang yang sesuai isi dompet. Setelah itu jam 1 siang saya sudah check in di Bandara Domine Karena jam 14.35 Pesawat Take off, kali iniPesawat Garuda Indonesia yang sayaTumpangi untuk sampai ke Jakarta harus menggunakan 2 kali penerbangan,

Kota pertama adalah Makasar pada jam 15.45 pesawat Mendarat. Saya membeli tiket pesawat dengan hargaRp.1.331.290 setelah itu di hari yang sama jam 17.20 pesawat Take off dari Kota Makasar ke Jakarta dengan Harga tiket Rp.1.129.383, setelah sampai Jakarta waktu sudah menunjukan pukul18.40. Dikarenakan dari Jakarta ke Bandung sudah tidak ada pesawat yang langsung. saya mengambil Alternatif lain yaitu menggunakan Travel Dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandung dengan biaya Maksimal Rp.200.000. Dan perjalanan saya berakhir di rumah.

KesanmenggunakanTraveloka App
Pertama kali menggunakan Traveloka App, sangat menarik buat saya sebagai seorang Traveler karena banyak promo dan harga diskon yang di berikan.Tampilanya pun sangat simple dan Proses pemesanan tiket pesawat dan hotel tidak terlalu berbelit belit.Harga yang ditampilkan di Traveloka App lebih murah dibanding di website-website yang lain.

Kesimpulandan Rincian Biaya
Total Hotel 5 Malam Rp. 1.875.193
Sisa Budget Rp. 2.892.997
Makan Rp. 100.000 x 6 hari = Rp. 600.000
Transportasi Rp. 100.000 x 6 hari = Rp.600.000 (sudah termasuk harga tiket PP kapal dari sorong ke waisai)
Travel Jakarta bandung = Rp. 200.000
Tempat rekreasi=  Rp.400.000 (sudah termasuk membeli PIN di Raja Ampat
Total Rp.1,800.000
Sisa Budget Rp.1.092.997
Buat Sewa  Long Boat (Kalau ada group yang mau masukin saya)=Rp. 500.000
Sisa Budget = Rp.592.997
Sisa Budget kalautidaksewa Long Boat = Rp. 1.092.997
Sisanya di belikan oleh-oleh atau di tabung untuk next trip.